Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran

1
181

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program PerkantoranTidak dipungkiri lagi bahwa selain internet browser, program perkantoran adalah salah satu program yang wajib ada di komputer kita. 3 anak dari program perkantoran yang paling sering kita gunakan adalah pengolah kata, pengolah angka, dan presentasi, selain itu berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnnya, sesuai kebutuhan masing-masing.

Salah satu program perkantoran yang paling populer di kalangan pengguna Windows adalah Microsoft Office. Microsoft Office dengan segala fasilitasnya membuat para penggunanya begitu nyaman saat menggunakannya, template-template yang disediakan oleh Microsoft juga sangat bervariasi dan bagus-bagus. Edisi terbaru dari Microsoft Office adalah Microsoft Office 2013. Namun sayang, program perkantoran tersohor ini adalah program berbayar dan harganya juga terbilang mahal buat orang yang ekonominya menengah ke bawah.

Namun jangan risau, Kamu masih bisa merasakan program perkantoran seperti Microsoft Office secara cuma-cuma, alias gratis (tidak termasuk bajakan :P).  Ada banyak pilihan yang bisa Kamu gunakan. Salah satu program perkantoran yang terbilang bagus yang bejalan di Windows adalah Kingsoft.

Dari sisi tampilan Kingsoft adalah program perkantoran yang sangat mirip dengan Microsoft Office, jadi buat yang sudah familiar menggunakan Microsoft Office (baik asli ataupun bajakan :P) pasti tidak akan kewalahan menggunakan Kingsoft. Di Kingsoft aplikasi pengolah katanya bernama Kingsoft Writer, untuk pengolah angkanya bernama Kingsoft Spreadsheets, dan untuk presentasinya bernama Kingsoft Presentastion. Ukurannya dari program ini juga tidak sebesar Microsoft Office, yaitu hanya 43-an MB.

Nah, sebelum mencobanya saya berikan sedikit review, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

  • Download softwarenya dari  link INI. Langsung saja klik [Download Now].
  • Pada saat artikel review ini ditulis, program Kingsoft sudah versi 2013, sama seperti Microsoft Office yang juga sudah bersi 2013.
  • Setelah download, langsung install.

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (1)

  • Pada saat proses instalasi, kamu akan diminta memilih style yang nantinya akan digunakan. Ada 3 pilihan style yang bisa digunakan, yaitu 2013 Elegant Black, 2013 Water Blue dan Classic Style. Kalau saya suka yang 2013 Water Blue 😀

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (2)

  • Pada akhir instalasi kamu akan diberikan beberapa checkbox yang menjelaskan bahwa format-format standar program perkantoran akan di buka secara otomatis dengan aplikasi Kingsoft. Jika kamu mau, centang saja semuanya, sama seperti saya :D, tapi untuk Readme-nya sepertinya tidak perlu.

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (3)

  • Nah, kalau sudah diinstal akan muncul icon-icon 3 buah aplikasi standar program perkantoran dari Kingsoft.

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (4)

  • Dan berikut ini adalah beberapa interface dari programnya. Seperti yang saya katakan tadi, sangat mirip dengan Microsoft Office 2013 kan?

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (5)

Tampilan Kingsoft Writer

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (6)

Tampilan Kingsoft Presentation

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (7)

Tampilan Kingsoft Spreadsheets

  • Untuk ekstensi file-nya, sepertinya Kingsoft memang tidak mau berbeda dari MS Office mungkin agar tidak merepotkan pengguna. Hal ini bisa dilihat saat melakukan penyimpanan dokumen, masih mengacu kepada program Microsoft Office. Untuk ekstensi filenya juga belum ada “X”-nya seperti Microsoft Office 2007 ke atas (docx, pptx, xlsx). Tapi jangan takut, dokumen-dokumen hasil dari Microsoft Office 2007 ke atas masih bisa dibuka di Kingsoft.

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (8)

  • Salah satu hal yang membedakan Kingsoft dengan Microsoft Office adalah adanya tab untuk perpindahan dari dokumen satu ke dokumen lainnya layaknya browser. Hal ini sangat membantu saat bekerja dengan banyak dokumen.

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (9)

  • Saat ini, pihak kingsoft sedang melakukan porting untuk sistem operasi Linux, yaitu proses konversi kode-kode program yang sebelumnya untuk Windows, agar bisa juga diinstall di sistem operasi Linux.
  • Selain itu, Kingsoft juga menyediakan template-template yang siap pakai untuk 3 program perkantoran tadi, jadi tinggal didownload saja di situs resminya.

Aplikasi Alternatif Gratis Untuk Program Perkantoran (10)

  • Kingsoft juga tersedia dalam versi berbayar (pro version). Jika penasaran apa perbedaannya, kamu bisa mencoba free trialnya terlebih dahulu sebelum membeli.

Okey, demikian review dari saya tentang Kingsoft, aplikasi alternatif gratis untuk program perkantoran. Semoga sahabat Tekno bisa mengambil manfaat dari artikel ini. Jangan lupa komentarnya ya, terimakasih 😀

1 COMMENT

LEAVE A REPLY