Cara Menandai Lokasi di Google Maps

62
17562

Cara Menandai Lokasi di Google MapsSahabat tekno pernah tidak ingin mengunjungi suatu tempat dimana kita tidak tahu jalan dan tempatnya. Jika kalian anak yang pinter yang rajin menabung pasti tahu yang namanya Google Maps donk / (apa hubunganya yak, sama rajin menabung ? /*koplak).

Sedikit pengertian, Google Maps adalah layanan gratis yang di berikan ole h Google untuk melihat peta yang mana memudahkan kita untuk mencari suatu alamat lewat tampilan browser atau aplikasi, mungkin alamat rumah sahabat tekno bisa di lihat disini, ya… mudah-mudahan alamatnya masih di Kota, yang di kampung seperti saya, Mbah Google hanya menyampaikan kepada saya mohon maaf lahir batin karena belum bisa menjangkau ke perkampungan, bahkan di kota pun ada yang belum terlihat jalannya.

DOWNLOAD SOFTWARENYA DARI LINK INI.

Nah, kalau yang sudah terlihat alamat rumah atau suatu tempat, apakah kalian ingin membuat tanda dan jika dicari lewat fitur Search di Google Maps kalian tahu dimana lokasinya. Contohnya kita ingin mencari lokasi Istana Maimun, tinggal ketik aja di search : “Istana Maimun”, lalu Google akan memberi tanda lokasi. Dengan tanda pin merah.

Cara Menandai Lokasi di Google Maps (1)

Di sini saya ingin memberikan bagaimana sih cara membuat tanda di suatu tempat. Langkah–langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka https://maps.google.com/ lalu Klik Add business atau bisnis Anda pada Google Maps.
  •  Isi Country/Negara Anda, lalu Phone Number/nomor telepon (dianjurkan nomor telepon kabel, bukan ponsel), setelah itu klik “Find business information” atau “Temukan Informasi Bisnis”.

Cara Menandai Lokasi di Google Maps (2)

  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman baru untuk mengisi Basic Information usaha Anda. Isikan semua data secara lengkap dan benar untuk kode bintang * (wajib).

Cara Menandai Lokasi di Google Maps (3)

  •  Untuk kolom jalan, kota, kode post dan provinsi, setelah diisi, lokasi penunjuk map/peta di sebelah kanan akan otomatis menyesuaikan sesuai dengan isian. Supaya map/peta lebih mengena ke sasaran X atau lokasi Anda, klik “Fix incorrect marker location” atau “seret penAnda ke lokasi yang benar.

Cara Menandai Lokasi di Google Maps (4)

  • Akan muncul gambar map/peta besar, di sudut kanan atas ada 3 pilihan sbb : map, satellite, hybrid. Pilih menu SATELLITE untuk menampilkan gambar dari satellite (gambar nyata). Jika kurang jelas, perbesar gambar map dengan menu zoom di sebelah kiri. Geser map menggunakan mouse, dan tempatkan icon berbentuk “bola lampu” berwarna ke lokasi yang tepat, dengan cara diseret/drag.

Cara Menandai Lokasi di Google Maps (5)

  •  Jika sudah fix posisinya, silahkan save atau simpan perubahan. Biasanya butuh kejeliaan mata untuk menAndai lokasi X nya. Kalau salah atau posisinya belum tepat, ulangi langkah nomor 4 diatas.
  • Klik “Submit” atau “Kirim” di paling bawah setelah Anda mengisikan semua data yang diminta.
  • Anda akan masuk ke halaman baru, dan akan di confirm/konfirmasi lewat Telepon, Surat, atau SMS. Untuk cepatnya, gunakan konfirmasi dengan nomor telepon kabel. Dalam beberapa detik, Anda akan segera di hubungi oleh pihak Google. Dengar baik-baik kode yang disebutkan, catat, lalu masukkan kode konfirmasi itu di halaman konfirmasi google maps tadi.

Cara Menandai Lokasi di Google Maps (6)

  • Done. Periksa kembali semua info usaha Anda terlebih posisi lokasi map/peta. Biasanya memerlukan 7 hari agar map Anda tayang di Google maps.

Cara mengecek apakah map Anda sudah masuk/tayang di Google Map atau belum, pergi ke halaman Google Map, lalu ketikkan nama usaha Anda disana. Kalau keluar hasil no result, coba ketikkan tempat kota Anda dahulu, lalu dilanjutkan dengan nama usaha Anda.

62 COMMENTS

  1. Mas lokasi penanda tempat saya salah apa dengan alamat yg sy tulis google maps bisa otomotis membetulkan tanda tempat saya?mohon bantuanya.

  2. Mas, sy kan menandai warung saya, waktu pertama posisi markernya itu sudah pas sesuai dgn letaknya di map tapi setelah submit posisinya melenceng dari semula. Kemudian saya edit dan menerima pemberitahuan dari goggle bahwa lokasi yg saya edit itu sudah diperbaiki, itu juga ditunjukkan dengan gambar peta yg sudah dirubah tapi ternyata sebelah saya buka lagi goggle maps ternyata posisinya belum juga berubah. Kemudian saya ulangi lagi berkali kali tapi hasilnya tetap sama. tolong bantuannya, thank

LEAVE A REPLY