Untuk membuat ketebalan suatu objek 2 Dimensi sehingga menjadi objek 3 Dimensi, Anda dapat menggunakan Modifier bernama Extrude. Tapi Anda pun dapat menggunakan Modifier lain, bernama Bevel. Modifier ini memiliki kemiripan dengan Extrude, hanya saja Bevel mempunyai parameter yang lebih kompleks dibandingkan dengan Extrude.
Berikut cara menggunakannya:
- Buat sebuah Circle di Viewport. Buka tab Modify dan atur Radius = 36. Lalu Anda klik kotak bertuliskan Modifier List dan Anda ambil Modifier Bevel. Atur dengan parameter sebagai berikut.
- Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah.
- Sekarang Anda akan melakukan pengeditan lagi pada parameter Bevel. Di rollout Parameter, Anda atur setingan berikut. Opsi Curved Sides dengan jumlah Segments 5 akan menghaluskan bentuk objek. Dan opsi Smooth Across Levels akan menghaluskan batas sisi atas dan sisi bawah dari objek.
- Bentuknya menjadi lebih lengkung dibandingkan dengan sebelumnya.
- Lakukan Render untuk melihat hasil akhirnya.
Semoga bermanfaat,
Leave a Reply