Dua Cara Mengganti Domain WordPress

0
103

Sahabat tekno, beberapa hal bisa saja terjadi yang mengharuskan kita mengganti nama domain untuk blog atau website kamu. Contohnya, berubahnya nama instansi, lupa memperpanjang domain existing, tidak sengaja mengandung nama brand tertentu (melanggar trademark) dan alasan lainnya yang tidak bisa saia sebutkan satu persatu.

Di artikel saia kali ini, akan kita bahas bagaimana cara mengganti domain blog atau website wordpress anda ke domain yang baru. Bagi yang belum buat blog atau website wordpress, cara pembuatan blog wordpress lengkap dengan instalasi plugin dan cara post artikel dapat di lihat di tutorial wordpress hostinger.co.id.

nb : Sebelum merubah konfigurasi alamat domain website, pastikan alamat domain yang baru juga telah terkonfigurasi ke arah server yang benar.

Cara pertama, kita bisa lakukan langsung dari dashboard blog atau wordpress kita. Yaitu dengan masuk ke menu Settings -> General. Lalu tukar WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) ke alamat domain blog atau website anda yang baru.

Lalu klik Save Changes.

Cara kedua, biasanya cara ini saia lakukan ketika mengupload site wordpress ke hosting baru (biasanya lupa mengganti alamat domain nya terlebih dahulu – masih localhost). Caranya adalah dengan mengedit file wp-config.php (file konfigurasi wordpress) dan menambahkan dua baris konfigurasi berikut :

define(‘WP_HOME’,’http://urlbaru.xyz’);
define(‘WP_SITEURL’,’http://urlbaru.xyz’);

lalu Save file nya. dan Voila! 😀

Nah, ketika kita mengganti alamat domain, maka ada beberapa masalah yang akan ditemukan, khususnya yang berhubungan dengan link dan file yang sudah pernah di upload dengan alamat domain yang lama. Tapi tenang, semua masalah ada solusinya koq. Untuk masalah ini cukup install plugin Better Search Replace.

Berikutnya, klik menu Tools -> Better Search Replace dan ketik alamat domain yang lama di textbox Search for, dan ketik domain yang baru di Replace with. Lalu pilih semua tables (untuk pastikan semua terganti). Jika Run as dry run? tercentang, maka kalau kita klik Run Search/Replace hasilnya akan menampilkan apa-apa yang akan dirubah, tanpa merubah terlebih dahulu. Kalau kita sudah yakin, jangan centang ya sahabat tekno 😀 biar hasilnya jadi…

Gitu aja deh artikel kali ini, semoga artikel dua cara mengganti domain wordpress kali ini dapat membantu para sahabat tekno yang ingin merubah domain karena alasan-alasan yang sudah disebut di atas.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.