8 Aplikasi Android Wajib di Smartphone Networkers

0
25

8 Aplikasi Android Wajib di Smartphone NetworkersSebagai orang yang bekerja di dunia teknologi informasi, khususnya di bidang jaringan dan sistem server, kita perlu tools-tools yang membuat pekerjaan rutin kita menjadi lebih mudah dan terbantu. Belakangan ini smartphone dan tablet dapat dijadikan alternative untuk membantu kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan kita di saat akses ke komputer atau laptop tidak dimungkinkan.

Tentunya banyak sekali Aplikasi bagus di Android Play Store yang berhubungan tentang dunia Networking. Akan tetapi berikut ini, kita akan bahas 8 Aplikasi Android Wajib di Smartphone Networkers versi saia aj dulu. 🙂 Beberapa di antaranya adalah :

  1. Fing
    Fing biasanya saia gunakan untuk memeriksa kondisi jaringan dan server yang saia kelola. Dengan Fing, saia dapat melakukan ping, traceroute, dan memeriksa port layanan hidup atau tidak.
    Download di sini…
  2. WiFi Analyzer
    Seringnya saia memakai Wifi Analyzer untuk survei sederhana untuk pemasangan akses poin. Diantaranya untuk memeriksa crowdednya channel, untuk penentuan channel di AP yang akan di pasang. Juga percobaan signal setelah pemasangan.
    Download di sini…
  3. PingTools
    PingTools
    lebih lengkap. Bahkan sebenernya cukup dengan PingTools , kita dapat melakukan apa-apa saja yang dapat di lakukan Fing dan Wifi Analyzer sekaligus. Banyak menu seperti Watcher, untuk memeriksa layanan secara berkala, WiFi Scanner dan lain sebagainya.
    Download di sini…
  4. JuiceSSH
    Dari namanya saja sudah jelas, bahwa aplikasi android satu ini adalah untuk membuat minuman sehat, JUS! Eh!… Maksudnya untuk aplikasi SSH Client. JuiceSSH sedikit berbeda dengan aplikasi SSH Client Mobile lainnya, karena memiliki fitur plugin yang tentunya dapat lebih membantu kita. Contohnya, port knocking, Performance, tasker dll.
    Download di sini…
  5. TikApp
    Nah bagi kamu pengguna perangkat MikroTik, TikApp tentunya akan sangat bermanfaat, ketika akses via winbox di laptop tidak bisa digunakan. Meskipun tidak selengkap winbox, namun TikApp sudah mumpuni untuk mengerjakan perubahan-perubahan dasar di perangkat MikroTik kamu. FYI, masih ada ngebug sana-sini… :-p
    Download di sini…
  6. DroidDia
    Nah aplikasi satu ini sering saia pakai untuk membuat gambar-gambar topologi secara kepepet. hehehehe… Untuk dokumentasi ataupun penawaran dadakan ketika saia tidak bisa akses Ms. Visio di laptop. DroidDia pada dasarnya adalah sebuah aplikasi untuk membuat diagram, chart, mindmap dan semacamnya.
    Download di sini…
  7. Speedtest
    Klo aplikasi yang satu ini gak usah di tanya lagi. Speedtest ya untuk uji koneksi internet kamu, sedang kencang apa sedang lambat. Gak jadi ukuran 100% bener sih (total penggunaan sekitar), tapi sudah cukup menjadi gambaran.
    Download di sini…
  8. TeamViewer for Remote Control
    Klo tadi sudah dibahas tentang JuiceSSH untuk remote SSH. Nah TeamViewer biasa saia pakai untuk meremote client yang berbasis GUI seperti Windows dkk.
    Download di sini…

Nah itu adalah 8 Aplikasi Android yang Wajib di Smartphone Networkers versi saia. Mungkin temen-temen ada rekomendasi aplikasi android yang lain ? Silahkan tambahkan di kolom komentar, ntar saia pakai klo cocok dengan kebutuhan. 🙂

Semoga Bermanfaat
Salman Kalista.

LEAVE A REPLY