Cara Menampilkan Dua Subtitle Film Dengan Dua Bahasa

16
6531

Ada beberapa cara bagi kita yang ingin mahir dalam berbahasa asing salah satunya dengan cara menonton film dengan pemain dalam film tersebut menggunakan bahasa asing. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis bagaimana cara memasukan subtitle dengan dua bahasa dalam film yang kita mainkan dalam aplikasi VLC tapi sebelumnya saya akan menjelaskan apa subtitle itu.

subtitle merupakan penerjemah atau dialog yang di bicarakan oleh pemain film tersebut biasanya terletak dibagian bawah dalam film tersebut. Seperti gambar di bawah ini (didalam lingkaran merah).

 

5

Untuk membuat subtitle dengan 2 bahasa pada tulisan kali ini subtitle terletak dibagian atas dan di bagian bawah film seperti gambar berikut

 

 

6

Untuk menonton film seperti diatas terlebih dahulu kita harus mempunyai dua subtitle dengan bahasa yang berbeda dari film yang akan di tonton. File subtitle biasanya berekstensi (*.srt)

 

7

Jika dua subtitle sudah tersedia maka selanjutnya membuka situs berikut ini dimana situs ini akan membantu kita dalam mengkonpresikan dua bahasa sehingga menjadi satu file.

Berikut tampilan dari situs untuk menggabungkan subtitle

 

8

 

Untuk langkah selanjutnya Upload file subtitle bahasa yang ingin diletakan dibagian atas film dengan mengklik tombol “browse…”

 

9

dan upload file subtitle bahasa yang ingin diletakan di bagian bawah film dengan mengklik tombol “browse…”

 

10

 

Setelah itu pilih jenis tulisan, ukuran dari tulisan, dan memberikan warna pada tulisan sesuai yang ingin di baca oleh penonton dari kedua subtitle yang sudah diupload disini kita bisa memilih subtitle mana yang akan kita atur tulisannya.

Berikut gambar untuk mengatur tulisan dari subtitle

 

11

 

Setelah sudah di setting maka selanjutnya klik tombol … untuk kemudian file tersebut di kompress menjadi file yang berekstensi (*.ass) dan otomatis akan muncul download dari browser kemudian klik safe dan biasanya di masukan kedalam folder dimana terdapat file film yang akan di mainkan.

Berikut gambar dari file tersebut

 

12

Selanjutkan mainkan film dengan aplikasi VLC setelah VLC mulai memainkan film kemudia klik tombol subtitle di bagian atas VLC kemudian klik tambahkan file subtitle, lalu pilih file yang berekstensi (*.ass) yang sudah di download dari situs yang kita buka tadi.

Demikianlah cara membuat subtitle dengan dua bahasa di dalam satu film dimana subtitle yang pertama terdapat di bagian atas film dan subtitle yang kedua berada di bawah film.

Menurut saya ini sangat membantu sekali seseorang dalam mempelajari bahasa asing dimana orang tersebut bisa mempraktikan bahasa yang mana di contohkan dalam pemain film yang sedang di tonton.

Demikianlah artikel dari saya silahkan di coba semoga bermanfaat dan selamat menyaksikan film kesayangan anda

Akhir kata untuk artikel ini Teruslah belajar, berbagi dan salam tekno. 😀

16 COMMENTS

  1. Tapi kalo pakai tu web, ane nyoba dua sub jepang & indo, yang jepang malah jadi bahasa alien…. tetap aja manual lagi ngeditnya

  2. […] Nah, subtitle Bahasa Inggris berguna untuk menyamakan antara kalimat yang diucapkan oleh tokohnya dengan subtitle-nya. Dengan begitu, secara bersamaan kamu belajar caranya melafalkan kata dalam bahasa Inggris dan juga cara penulisannya. Yup, speaking dan reading sekaligus. Lebih bagus lagi kalau kamu menyertakan juga subtitle Bahasa Indonesianya agar bisa mengetahui terjemahan dari subtitle Bahasa Inggrisnya. Bagaimana caranya? Tinggal kamu atur saja di pengaturannya. Untuk mengetahui caranya, kamu bisa klik di sini. […]

  3. […] Nah, subtitle Bahasa Inggris berguna untuk menyamakan antara kalimat yang diucapkan oleh tokohnya dengan subtitle-nya. Dengan begitu, secara bersamaan kamu belajar caranya melafalkan kata dalam bahasa Inggris dan juga cara penulisannya. Yup, speaking dan reading sekaligus. Lebih bagus lagi kalau kamu menyertakan juga subtitle Bahasa Indonesianya agar bisa mengetahui terjemahan dari subtitle Bahasa Inggrisnya. Bagaimana caranya? Tinggal kamu atur saja di pengaturannya. Untuk mengetahui caranya, kamu bisa klik di sini. […]

  4. […] Nah, subtitle Bahasa Inggris berguna untuk menyamakan antara kalimat yang diucapkan oleh tokohnya dengan subtitle-nya. Dengan begitu, secara bersamaan kamu belajar caranya melafalkan kata dalam bahasa Inggris dan juga cara penulisannya. Yup, speaking dan reading sekaligus. Lebih bagus lagi kalau kamu menyertakan juga subtitle Bahasa Indonesianya agar bisa mengetahui terjemahan dari subtitle Bahasa Inggrisnya. Bagaimana caranya? Tinggal kamu atur saja di pengaturannya. Untuk mengetahui caranya, kamu bisa klik di sini. […]

  5. terimakasih informasinya gan, sangat membantu saya untuk belajar bahasa inggris dari film 🙂

LEAVE A REPLY