Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi

2
518

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan WubiAlhamdulillah kali ini saya diberi kesempatan untuk sharing sedikit gimana cara membuat dual boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS menggunakan Wubi. Saat ini khususnya di Linux sudah disediakan Wubi yang terdapat dalam ISO yang di dalam nya dan bagi Anda yang ingin mencoba menginstall Linux Anda tidak perlu mendowload Wubi, cukup dengan ISO yang telah Anda download. Baik, agar tidak berlama-lama kita langsung aja ke TKP ^_^.

  • Anda harus mempersiap kan ISO-nya terlebih dahulu. Di sini saya akan mencoba menggunakan Ubuntu 12.04 LTS yang bisa Anda download di http://www.Ubuntu.com/download/desktop.
  • Setelah Anda download sebaiknya buat folder terserah apa namanya setelah itu copy kan ISO Ubuntu 12.04  yang Anda download ke dalam folder tersebut kemudian klik kanan pada ISO Ubuntu 12.04 LTS –> [Open With] –> [Winrar archiver].

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (1)

  • Kemudian drag aplikasi Wubi-nya ke dalam folder yang di dalamnya terdapat ISO Ubuntu 12.04 LTS yang telah di download.

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (2)

  • Klik 2x pada aplikasi Wubi-nya sehingga muncul tampilan seperti ini.

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (3)

  • Setelah itu pilih drive instalasi mana yang ingin kita instalasi di sini saya memilih drive C: dan tentu nya drive yang ingin Anda install size-nya tidak fuul. Di sini size drive C: saya 35 GB yang kosong dan cukup untuk saya bisa mengistall Ubuntu 12.04 LTS. Dan size yang saya install untuk Ubuntu 12.04 LTS nya cukup 18GB (tergantung kebutuhan) dan jangan lupa memasukkan password, kemudian klik [Install].

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (4)

  • Tunggu proses instalasi selesai.

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (5)

  • Ketika telah selesai maka reboot komputer Anda.

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (6)

  • Setelah itu komputer Anda telah terinstall dua sistem operasi

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (7)

Cara Membuat Dual Boot Windows dan Ubuntu 12.04 LTS Menggunakan Wubi (8)

  • Maka Ubuntu yang terinstall tadi akan hilang dari komputer Anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahabat Teknonesia di lain waktu insyallah kalau di beri umur panjang kita akan ketemu lagi salam Teknonesia ^_^

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY