Cara Menggabungkan File PDF

Cara Menggabungkan File PDFCara menggabungkan file PDF – Ada kalanya kita mengalami kasus yang mengharuskan kita untuk menyatukan beberapa file PDF menjadi satu kesatuan yang utuh dan siap untuk dibaca. Contohnya, saya sering mendownload karya ilmiah dalam bentuk PDF dari Repository USU (repository.usu.ac.id). Karya ilmiah yang disediakan pada pada situs tersebut bukanlah sebuah paper lengkap, namun dibagi-bagi menjadi bab-bab terpisah. Jadi, saya harus mendownload file PDF bab per bab dan hasilnya pun saya mendapatkan file PDF yang tidak utuh. Nah, untuk menjadikannya sebuah paper utuh dari awal sampai akhir, maka saya harus menyatukannya, sebuah software free menjawab permasalahan saya ini.

Software tersebut bernama PDF Binder. Dengan ukuran yang terbilang mungil, yaitu 1.7 MB, software ini memiliki kinerja yang sangat baik untuk cara menggabungkan file PDF. Software ini sudah menemani saya dalam beberapa tahun belakangan ini, software yang juga disediakan secara open source ini sangat membantu saya dalam mengatasi masalah yang telah saya sebutkan diatas.Β Download softwarenya dari link INI.

Berikut ini adalah tutorial yang sudah saya siapkan untuk memudahkan Anda dalam menggunakan software tersebut (walaupun sudah mudah, hehehe).

  • Download software PDF Binder dan instal di komputer Anda.
  • Setelah di instal, buka software tersebut. Tampilan software ini sangat simple, seperti terlihat pada gambar dibawah.

Cara Menggabungkan File PDF (1)Gambar antarmuka PDF Binder yang sederhana

  • Untuk menambahkan file beberapa PDF yang akan disatukan klik <Add file…>. Tambahkan file PDF yang akan disatukan sekaligus dengan menahan tombol [Ctrl] dan klik file yang akan ditambahkan atau dengan cara satu persatu.

Cara Menggabungkan File PDF (2)Blok semua file yang akan digabungkan

  • Jika file PDF yang akan Anda satukan belum terurut dengan benar, maka urutkan terlebih dahulu menggunakan tombol anak panah yang ada di toolbar PDF Binder.

Cara Menggabungkan File PDF (3)Urutan file belum terurut dengan baik

  • Caranya, klik pada file PDF yang akan digeser posisinya lalu klik tombol panah atas untuk memindahkannya satu urutan ke atas atau anak panah ke bawah untuk memindahkannya satu urutan ke bawah.

Cara Menggabungkan File PDF (4)Urutan file sudah terurut dengan baik

  • Jika urutan sudah benar, maka Anda tinggal klik <Bind!> untuk menyatukannya.
  • Pilih lokasi dimana Anda akan meletakkan file utuh nantinya dan berikan nama yang Anda inginkan.
  • Klik <Save>

Cara Menggabungkan File PDF (5)Menentukan lokasi penyimpanan dan memberikan nama pada file hasil penggabungan

  • Jika berhasil, maka file utuh tadi akan langsung terbuka.

Terimakasih sudah membaca tulisan saya tentang cara menggabungkan file PDF yang tidak seberapa ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah seperti yang saya alami. Terimakasih.

Salam Teknonesia.

Penulis
Adam Kurniawan Margolang

61 COMMENTS

  1. Woah! I’m really digging the template/theme of this site. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appearance. I must say you have done a fantastic job with this. In addition, the blog loads very fast for me on Chrome. Superb Blog!

  2. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get three emails with the same comment. Is there any way you can remove people from that service? Bless you!

  3. Hello there! I know this is kinda off topic but I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog article or vice-versa? My site goes over a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit from each other. If you’re interested feel free to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the way!

  4. makasih gan ilmunya, saya praktekkan langsung oke.. semoga pahala melimpah buat agan yg ikhlas bagi2 ilmu.. aamiin

  5. maaf mau tanya, saya kan sudah unduh software dan dinstal berhasil, tapi pas dibuka softwarenya, blm bisa digunakan dan harus conect ke internet, mohon penjelasannya agar instalannya bisa digunakan, mkasih

  6. Wah….sangat membentu sekali…dan praktis sekali……ringan dan mudah…..
    Thanks banget lah…atas bantuan and petunjuk nya…sangat bermanfaaaaat bangeet. Asli…

LEAVE A REPLY