Membuat Range Nilai dengan Fungsi Lookup di Spreadsheet

2
206

Salam jumpa kembali para Sahabat Teknonesia. Di artikel hari ini, saia ingin memberikan sedikit tutorial tentang Fungsi Lookup yang biasa kita temukan di Spreadsheet. Kenapa saia sebut Spreadsheet ? Karena Fungsi Lookup ini dapat kita temui tidak hanya di Microsoft  Excel yang biasanya kita pakai di OS Windows kita, tapi juga dapat di pakai di Libre Office Calc di OS Linux, ataupun Numbers di device-device Apple.

Fungsi Lookup lebih kurang adalah fungsi untuk mengambil sebuah data dari sebuah tabel bantu. Nah, dalam artikel ini saia akan coba mengungkapkan sebuah trik yang mungkin dapat membantu para Sahabat Teknonesia sekalian. Yaitu bagaimana membuat sebuah Range Nilai dengan Fungsi Lookup di Spreadsheet kamu, yang biasanya kita buat dengan Fungsi IF yang penuh dengan logika.

Oke kita mulai saja. Pertama-tama, buat tabel bantu untuk Range Nilai yang ingin Sahabat Teknonesia jadikan acuan untuk data di workbook yang sama dengan tabel utama.

Contohnya :

Membuat Range Nilai dengan Fungsi Lookup di Spreadsheet

di tabel bantu yang saia buat di atas, maksudnya ketika mendapatkan 0-49 mendapat nilai E, 50-59 mendapat nilai D, 60-64 mendapat nilai C, 65-69 mendapat nilai C+, dan seterusnya.

Lalu pilih (blok) cell-cell nilai tersebut seperti gambar di bawah, dan buat namanya menjadi “nilai”.

Membuat Range Nilai dengan Fungsi Lookup di SpreadsheetLalu pada tabel utama pencarinya masukkan perintah seperti berikut :

Membuat Range Nilai dengan Fungsi Lookup di Spreadsheet

Perintah umumnya seperti berikut : =HLOOKUP(Nilai Yang Ingin dicari, tabel, index baris, kecocokan nilai)

perintah yang kita pakai di gambar di atas : =HLOOKUP(O4,nilai,2,1)

O4 = Cell tempat nilai yang ingin dicari.
nilai = nama tabel bantu yang sudah kita buat sebelumnya
2 = Index Baris
1 = Approximate Value ( Nilai pendekatan )

Dan tarik cell kebawah di tabel utama agar mengcopy rumus di atas ke seluruh cell lain yang ingin diselesaikan seperti gambar di bawah ini.

Membuat Range Nilai dengan Fungsi Lookup di Spreadsheet

dan hasilnya ada di gambar berikut.

Membuat Range Nilai dengan Fungsi Lookup di Spreadsheet

Contoh diatas, penggunaan Fungsi HLOOKUP hanya dapat diaplikasikan dengan tabel bantu horizontal. untuk tabel bantu vertical dapat digunakan Fungsi VLOOKUP.

Segitu aja untuk tips hari ini, semoga dapat membantu pekerjaan dari pada Sahabat-sahabat sekalian.

Semoga bermanfaat,

@salmankalista

SHARE
Previous articleTombol Shutdown di Windows 8
Next articleKeamanan di CISCO
Saia adalah seorang sarjana Matematika yang ingin menggeluti dunia IT. Bersama teman-teman yang lain membangun Teknonesia.com ini untuk bersama-sama membentuk sebuah komunitas yang cinta belajar dan berbagi ilmunya kepada siapapun. Untuk sementara ini masih mencari passion untuk di geluti lebih fokus dan fokus :)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY