Keamanan di CISCO

0
142

Hellow sahabat tekno, mohon maaf sebelumnya karena saya sudah lama tidak buat artikel. kali ini saya akan memberikan sedikit untuk sahabat yang ingin bekerja di bagian Network Engineer dimana mensupport perangkat perangkat router seperti CISCO, yah mungkin artikel ini dapat sedikit membantu sahabat untuk mengkonfigurasinya.

Dalam artikel saya yang sudah berabad -abad itu (perintah dasar CISCO) 😀 *kidding, saya sudah menggkonfigurasikan  setting password untuk sebuah router, tetapi password tersebut bisa dilihat jika kita menggunakan command “show running-config” (tanpa tanda kutip), silahkan di buktikan :D.

Nah untuk supaya password tidak bisa di lihat, kita menggunakan command “enable secret (password anda)” ok kita langsung coba configurasikan untuk melihat perbedaan antara command anable password dan enable secret dengan password “cisco”:

Pastikan dulu kita masuk ke PEM lalu GCM, mudah- mudahan masih inget dengan istilah tersebut, kalau tidak silahkan klik disini.

 

TEKNONESIA(config)#enable secret cisco

 

Ok, coba kita lihat di show running-config, sebelumnya masuk ke PEM atau klik Ctrl + Z dahulu.

 

TEKNONESIA#show running-config

 

Maka terlihat perbedaan antara enable password  dan enable secret .

 

!

hostname TEKNONESIA

!

!

!

enable secret 5 $1$mERr$hx5rVt7rPNoS4wqbXKX7m0

enable password cisco

!

 

Perbedaan yang signifikan antara command enable password dan enable secret adalah enable password menggunkan encripsi tipe 7 dan banyak kelemahan dari sisi keamanan dengan kata lain sangat mudah di crack, bisa di lihat disini. bila menggunakan enable secret maka password yg telah di encripsi lebih aman, dan jauh lebih aman lagi jika kita menggunakan command “service password-encryption”. Langsung di coba’:

 

TEKNONESIA(config)#service password-encryption

 

Maka terlihat perbedaan setelah menggunakan command tersebut:

 

service password-encryption

!

hostname TEKNONESIA

!

!

!

enable secret 5 $1$mERr$hx5rVt7rPNoS4wqbXKX7m0

enable password 7 0822455D0A16

!

…..

 

Inilah dasar untuk settingan password di perangkat CISCO, dimana kita tahu bahwa perankat keluaran CISCO lumayan mahal begitu juga dengan support settingnya :D, mudah – mudahan tulisan ini bermanfaat.

*Salam Tekno

 

 

 

LEAVE A REPLY