Cara Membuat File ISO Menggunakan Software ISO Recorder

0
117

Cara Membuat File ISO Menggunakan Software ISO RecorderPada tutorial kali saya akan memaparkan bagaimana cara membuat file ISO. Saya yakin banyak dari sahabat Teknonesia yang sudah bisa melakukannya dengan berbagai macam software yang biasa sahabat Teknonesia gunakan. Namun saya yakin bahwa masih banyak sahabat Teknonesia yang belum mengetahui bagaimana cara membuat file ISO itu sendiri atau mungkin saja ada sahabat Teknonesia yang belum mengetahui apa itu file ISO.

File ISO itu adalah sebuah file dengan format yang biasa digunakan untuk membuat salinan dari CD/DVD yang bisa membawa bit demi bit dari data attribut dan struktur direktori dari CD/DVD seperti aslinya dari satu media ke media yang lainnya. File ISO biasanya dipergunakan untuk membuat copyan atau replika DVD/CD.

Biasanya jika kita melakukan copy file dari CD/DVD ke harddisk, tanpa kita sadari pasti akan ada komponen dari CD/DVD yang tidak berhasil dicopy, misalnya saja header dari CD/DVD tersebut Hal ini akan membuat hasil dari pengcopyan yang kita lakukan tadi tidak utuh. Kelebihan fomrat ISO, jika sahabat Teknonesia melakukan copy dari CD/DVD ke harddisk dengan format ISO maka hasil copy CD/DVD tadi isinya akan utuh, bit demi bit termasuk header dari CD/DVD tersebut. Jadi hasil copy dari CD/DVD ke harddisk akan seperti aslinya.

Banyak software yang bisa digunakan untuk membuat file ISO dari CD/DVD. Namun pada tutorial ini saya akan membuat sebuah file ISO dengan menggunakan software gratis, yaitu ISO Recorder. Saya senang menggunakan software ini karena sangat mudah untuk digunakan dan ukurannya pun relatif kecil. Berikut ini adalah video yang sudah saya buat untuk sahabat Teknonesia yang ingin membuat sebuah file ISO dari CD/DVD menggunakan software ISO Recorder
(Link download software: http://alexfeinman.com/isorecorder.htm).

[yframe url=’http://www.youtube.com/watch?v=zIGDTeXCAQw’]

File ISO yang sudah berhasil dibuat bisa digandakan ke CD/DVD lainnya yang masih koosng dengan menggunakan software dengan kemampuan burning. Salah satu software yang banyak digunakan untuk burning adalah Nero. Jadi dengan pembuatan file ISO ini, sahabat Teknonesia bisa melakukan penggandaan CD/DVD dengan mudah, atau bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya sesuai kebutuhan sahabat Teknonesia.

LEAVE A REPLY