Membuat Objek 3 Dimensi dengan Ketebalan

1
201

Untuk membuat ketebalan suatu objek 2 Dimensi sehingga menjadi objek 3 Dimensi, Anda dapat menggunakan Modifier bernama Extrude. Tapi Anda pun dapat menggunakan Modifier lain, bernama Bevel. Modifier ini memiliki kemiripan dengan Extrude, hanya saja Bevel mempunyai parameter yang lebih kompleks dibandingkan dengan Extrude.

Berikut cara menggunakannya:

  1. Buat sebuah Circle di Viewport. Buka tab Modify dan atur Radius = 36. Lalu Anda klik kotak bertuliskan Modifier List dan Anda ambil Modifier Bevel. Atur dengan parameter sebagai berikut.
Membuat Objek 3 Dimensi dengan Ketebalan - Parameter Bevel
Parameter Bevel
  1. Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah.
Membuat Objek 3 Dimensi dengan Ketebalan - Hasil Bevel
Hasil Bevel
  1. Sekarang Anda akan melakukan pengeditan lagi pada parameter Bevel. Di rollout Parameter, Anda atur setingan berikut. Opsi Curved Sides dengan jumlah Segments 5 akan menghaluskan bentuk objek. Dan opsi Smooth Across Levels akan menghaluskan batas sisi atas dan sisi bawah dari objek.
Membuat Objek 3 Dimensi dengan Ketebalan - Parameter Bevel
Parameter Bevel
  1. Bentuknya menjadi lebih lengkung dibandingkan dengan sebelumnya.
Membuat Objek 3 Dimensi dengan Ketebalan - Hasil Bevel
Hasil Bevel
  1. Lakukan Render untuk melihat hasil akhirnya.
Membuat Objek 3 Dimensi dengan Ketebalan - Hasil Render
Hasil Render Akhir

Semoga bermanfaat,

SHARE
Previous articleTeknonesia di Event Blogilicious Medan 2012
Next articleSharing IT Teknonesia di SMK Tritech :)
Aditya, ST Tentang Penulis : Lahir di Medan, 6 September 1978, aktif menulis beberapa buku diantaranya Photoshop Magic (Mediakita), Trik Dahsyat menjadi Animator 3D andal (Penerbit Andi), Cara Cepat Menguasai 3DS Max (Mediakita). Dan menjadi pengajar di berbagai seminar serta lembaga pendidikan DreamARCH Animation di Medan. Hobbi nonton Film dan membuat animasi. Motto : Sharing-lah ilmu biar makin maju!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY