9 Langkah Dasar Memulai Menghasilkan Uang Dari Blog

0
107

9 Langkah Dasar Memulai Menghasilkan Uang Dari Blog 1Sejak beberapa tahun yang lalu internet telah membuat kita menjadi mudah untuk menghasilkan uang secara online jika Anda tahu caranya. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar kita bisa mendapatkan penghasilan dari internet salah satunya dengan blog. Walaupun ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk “make money online”, namun sampai saat ini bloggin adalah salah satu cara yang sangat populer karena memungkinkan siapa saja yang bisa terkoneksi dengan internet bisa menghasilkan uang secara online. Saya sendiri memulai ngeblog pertama kali dengan menggunakan blog gratisan yaitu blogspot yang waktu itu belum diakusisi oleh Google.

Hal-hal yang biasa dilakukan dalam blogging seperti merancang, melakukan posting, menambahkan widget, dan lain sebagainya sangat dengan mudah bisa dilakukan dan bagi saya itu adalah sebuah kesenangan. Untuk tulisannya, Anda bisa menulis apa saja yang Anda sukai yang biasanya adalah merupakan hobi Anda. Misalnya saja olahraga, Anda bisa menulis apa saja  tentang olahraga. Kemudian menonton film, Anda bisa menulis review-review film yang sudah Anda tonton, dan lain sebagainya.

Nah, pertanyaannya adalah “bagaimana cara memulai blogging yang bisa menghasilkan uang?” Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya dapatkan selama saya melakukan blogging yah walaupun saya sendiri belum begitu banyak bisa menghasilkan uang 😀

1. Menemukan Topik Blog / Niche

Langkah pertama dan paling sulit untuk memulai dengan blogging adalah untuk memutuskan apa yang harus kita tulis. Tapi itu bisa menjadi hal termudah untuk dilakukan jika kita memiliki hobi pada sesuatu, seperti yang saya katakan tadi. Sebenarnya ada 2 jalan untuk menentukan niche ini, yang pertama seperti yang saya katakan tadi, yaitu apa hobi kita. Jika kita memilih topik blog menurut apa yang kita senangi, maka pada saat kita menulis untuk blog kita nanti, kita tidak akan merasa berat, bahkan pekerjaan itu seperti sebuah kesenangan bagi kita. Seiring berjalannya waktu pengunjungpun akan berdatangan ke blog kita dengan alami tanpa kita cari-cari, dan dengan otomatis ini bisa kita manfaatkan untuk “make money online”. Cara yang kedua adalah dengan melakukan riset, topik apakah yang bagus untuk dijadikan tema blog kita. Ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk melakukan ini, diantaranya adalah riset dengan Google Keyword Tool, Google Trends, Google Insight dan lain sebagainya. Namun dengan cara ini, karena tema blog yang kita tulis bukan berdasarkan apa yang kita sukai, maka lama kelamaan menulis posting untuk blog kita itu akan terasa berat, namun jika dibandingkan dengan cara satu, cara ini lebih cepat dalam menghasilkan uang, itupun kalau cara risetnya benar :). Jadi tentukan pilihan Anda :D.

2. Membeli domain

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya apapun untuk bloggin, Anda bisa menggunakan layanan blog gratisan, seperti wordpress, blogger.com, multiply, squidoo, dan lain-lain. Membeli nama domain cukup mudah, tetapi memilih nama domainnya lah yang sulit. Namun saya kira itu tidak terlalu susah, asalkan muda untuk dituliskan, atau dieja, serta berhubungan dengan tema blog Anda, maka itu sudah cukup. Keep it simple. Namun saran saya, jika Anda ingin memilih domain yang akan Anda pasang diblog Anda dengan topik yang Anda sukai, pilihlah nama domain yang bisa menjadi brand dari blog Anda, agar blog Anda gampang dikenal orang. Saya juga menyarankan untuk membeli domain TLD (.com, .net, .org, dll) karena ini bisa menjadi nilai tambah bagi blog Anda dimata pengunjung Anda.

3. Membeli Hosting

Hosting adalah tempat dimana Anda akan menyimpan file-file blog Anda. Hosting digunakan jika Anda tidak menggunakan layanan blog gratisan. Keuntungan dari membeli hosting sendiri adalah kita bisa melakukan manajemen sesuka hati kita, seperti apa yang kita inginkan bisa kita lakukan dengan bebas. Namun kekurangannya adalah dibutuhkan sedikit kemampuan teknis untuk melakukan setup blog kita, manajemen file-file blog kita, pemeliharaan, dan lain sebagainya. Penyedia hosting di Indonesia sangat banyak, namun ada 2 penyedia layanan hosting yang bisa saya rekomendasikan dan memang sudah saya buktikan kehandalannya, yaitu IDwebhost.com dan JagoanHosting.com, sedangkan untuk luar negeri Anda bisa menggunakan HostGator.com, DreamHost.com dan BlueHost.com. Masing-masing penyedia layanan hosting tersebut juga melayani pembelian domain. Jika target pengunjung Anda berasal dari Indonesia, maka pilihlah perusahaan hosting dari Indonesia, namun jika dari luar, pilihlah yang dari luar pula. Jadi, pilihlah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

4. Blogger atau WordPress, Perdebatan Abadi

Walaupun banyak orang-orang yang saling beradu argumen, namun saya tetap memilih WordPress sebagai jagoan saya, hehehe. Saya dahulu adalah pengguna blogger, namun setelah saya berjumpa dengan WordPress, maka saya seperti jatuh cinta kepada platform blog satu ini. Mulai dari plugin yang banyak, pilihan themes yang juga bagus-bagus, SEO Friendly, dan lain sebagainya. Namun demikian saya tidak mengatakan bahwa Blogger jelek, ini hanya pendapat saya. yang saya dengan terakhir bahwa Blogger kini sudah lebih SEO friendly. Silahkan Adan coba 😀

5. Jangan Bagikan Blog Anda Jika Posting Masih Sedikit

Seperti melihat toko yang kosong tanpa ada barang apapun yang dipampangkan, apakah Anda akan suka dengan toko seperti itu? Saya yakin tidak, jika Anda jawab “ya” mungkin itu adalah toko Anda sendiri, hehehe. Teruslah melakukan posting, biarkan blog Anda memiliki setidaknya 10 postingan. Kemudian bagikan jika Anda ingin membagikannya kepada orang lain, baik melalui Facebook, Twitter, G+, dan lain sebagainya.

6. Menjadi Posting Tamu

Langkah ini perlu setelah Anda menulis setelah Anda posting di blog Anda sebanyak 10 sampai 15 artikel. Ada banyak orang yang telah berhasil make money online dengan cara ini, misalnya Problogger.net, Johnchow.com, Dailyblogtips.com dll Anda dapat memposting artikel di situs-situs yang memiliki peringkat tinggi. Tawarkan kepada pemilik situs apakah mereka bersedia untuk mempublish artikel Anda di blog mereka, yang pasti tulisan Anda adalah tulisan asli Anda sendiri dan memiliki manfaat. Jika dizinkan berikan link ke blog Anda. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi blog Anda dan peringkat blog Anda bisa menjadi naik.

7. Email Marketing

Email marketing ini penting, karena dengan email marketing Anda bisa melakukan promosi dengan cara yang murah dan efektif. Jika Anda menggunakan WordPress, carilah plugin yang berguna menampung alamat email pengunjung, dimana Anda akan memberikan sebuah ebook free yang isinya sangat bagus dan bisa bermanfaat buat pengunjung. Jika pengunjung tersebut tertarik maka dia akan memasukkan emailnya untuk mendownload ebook tersebut, dan dengan demikian Anda mendapatkan 1 buah email yang bisa Anda gunakan untuk berpromosi produk Anda atau apapun dikemudian hari.

8. Tentukan Programnya

langkah ini adalah langkah dimana Anda menentukan program make money online apakah yang akan Anda gunakan. Misalnya ada Googgle Adsense, Afiliasi Amazon, Afiliasi ClickBank, Chitika, dan lain sebagainya atau bahkan ingin menjual produk sendiri?, terserah Anda.

9. Datangkan Trafik

Trafik atau banyaknya pengunjung adalah kunci kesuksesan dari sebuah blog. Trafik berbanding lurus dengan penghasilan online Anda. Cara untuk mendatangkan trafik akan dibahas pada posting berikutnya atau Anda bisa searching langsung di Google, kebetulan tangan saya sudah mau copot nih ngetik artikel sebanyak ini. hehehe…

Sekian dulu sharing dari seorang newbie, lebih dan kurang saya mohon maaf dan terima kasih :). Salam Teknonesia.

LEAVE A REPLY