Apa itu Hyper-V?

1
331

 

image

Kurang maksimalnya pemanfaatan utilisasi infrastruktur di perusahaan membuat perusahaan harus mengeluarkan cost yang cukup besar. Biasanya satu server hanya satu service/role yang berjalan. Satu server berjalan lebih dari satu service/role dan ini bisa mempersulit dalam hal maintenance, management dan berpotensi terkena serangan karena banyak port yang terbuka. Pada saat kita melakukan update pada satu service dan ternyata membutuhkan restart maka akan berdampak pada service yang lain yang sedang berjalan.

image
Gambar: Native Virtualisasi

Teknologi Virtualisasi Server hadir untuk meningkatkan pemanfaatan utilisasi infrastruktur di perusahaan. Dimana dalam Satu server fisik bisa berjalan banyak sistem operasi, jadi lebih hemat pengeluaran dan mudah dalam hal management.

image
Gambar: Full Virtualisasi

Hyper-V adalah sebuah role yang ada di Windows Server 2008 R2. Menyediakan tools dan services yang bisa digunakan untuk membuat sebuah server virtualisasi. Virtualisasi ini bisa digunakan bermacam-macam pencapain bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi pengeluaran. Virtualisasi ini sangat bermanfaat karena kita bisa membuat dan memanagement virtual machines, dimana kita bisa menjalankan banyak sistem operasi pada satu computer dan menutup sistem operasi tersebut dengan yang lainnya.

Hyper-V disebut virtualisasi berbasis Hypervisor. Hypervisor bisa disebut perangkat lunak atau firmware yang membuat mesin virtual.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat wikipedia disini

Hyper-V Manager
Gambar: Hyper-V Manager

Semoga bermanfaat Smile

MySignature

1 COMMENT

LEAVE A REPLY