Bahasa Pemrograman Phyton

3
111

Apa sih sebenernya Phyton itu? Mungkin mendengar nama Phyton pasti kita terbayang dengan ular. 🙂 Tapi Phyton yang satu ini bukanlah ular, Phyton yang satu ini merupakan salah Bahasa Pemrograman tingkat tinggi. Sejarah Bahasa pemrograman Phyton dimulai pada awal 1990 dan di ciptakan oleh Guido Van Rossum di Stichting Mathematish Centrum, yang merupakan kelanjutan dari Bahasa Pemrograman ABC. Kini Phyton merupakan perangkat lunak dengan lisensi di bawa Phyton Software Foundation yang merupakan bentuk nonprofit kedua setelah Apache Software Foundation.

 Phyton merupakan bahasa pemrograman Bertipe interpreted karena program – program Phyton  dapat langsung di eksekusi oleh interpreted tanpa harus melalui tahap kompilasi. Phyton dapat di jalankan dengan dua cara yakni :

  1. Mode comand line
    kholis$ python
    Python 2.6.6
    >>> print 2+2
    4
    >>> 9>7
    1
  2. Mode ini dilakukan dengan car menuliskan keseluruhan program dalam file, kemudian interpreter akan mengeksekusi seluruh isi dari file. File seperti ini di namakan script. Script yang di tulis haruslah di beri nama dengan ekstensi .py. Eksekusi dari program dengan mode ini dapat di lakukan dengan contoh sebagai berikut :
    root@ch5:~# vim riset.py
    #______________________
    # Test Program
    # By Muhammad Nurkholis
    #______________________
    print “Belajar Bahasa phyton untuk pemula”

Catatan : Phyton tidak membutuhkan titik koma (semicolon) di belakang statment. Semicolon di sini bersifat optional.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY