Menyalin Informasi Direktori ke Clipboard

0
95

Anda sedang bekerja di windows dan masuk ke dalam mode Command Prompt. Di sana, anda ingin meng-capture seluruh informasi folder yang ditampilkan dan disalin kedalam file text. Apakah ada cara yang lebih mudah untuk melakukan hal tersebut?

Jika anda merupakan pengguna setia windows dari versi-versi awal, pastinya anda sangat familiar dengan mode Command Prompt dari windows. Nah, salah satu perintah yang paling sering digunakan tentunya adalah “dir”. Baris perintah atau command line ini digunakan untuk menampilkan isi folder tertentu. Sayangnya, data tersebut hanya tampil secara text di mode  Command prompt. Lihat gambar berikut.

Ternyata, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika anda tambahkan parameter tertentu, data yang ditampilkan oleh perintah tersebut secara otomatis akan tersalin di clipboard windows, seperti layaknya anda melakukan shortcut [CTRL] + [C] pada aplikasi teks. Yang perlu anda tembahkan adalah “| clip” (tanpa tanda kutip). Jadi sebagai contoh, anda menuliskan perintah lengkapnya seperti ini : “dir/w | clip” (tanpa tanda kutip) pada Command Prompt. Lihat gambar berikut.

Setelah itu pindah ke aplikasi teks (Notepad atau MS-Word) dan anda bisa mengeluarkan salinan clipboard tersebut dengan [CTRL] +[V]. Lihat gambar berikut.

Nah, sekarang teks yang ada di Command Prompt bisa disalin pada Notepad. Cukup mudah bukan….! Selamat mencoba…

LEAVE A REPLY