Windows 8 Developer Preview – Nubie Review

19
159

Biar gak dibilang terlalu Pro Linux karena artikel-artikel saia sebelumnya, kali ini saia coba mengulas “Calon Produk Terbaru” dari Microsoft. Operating System yang satu ini tentunya sangat di tunggu-tunggu para penggemar, khususnya Microsoft User yang selama ini telah setia. Terdengar kabar bahwasanya Microsoft selalu merilis sistem operasi terbaru setiap 3 tahun sekali. Berarti dengan 22 Oktober 2009 sebagai tanggal rilis Windows 7 kita bisa menyimpulkan bahwasanya tidak lama lagi versi Windows terbaru akan diluncurkan. Windows 8, Ya, Windows 8 digadang-gadang sebagai penerus Windows 7. Kini kita bisa mencoba Windows 8 versi Developer Preview, yang dapat di download di sini. Pada artikel ini, saia akan memperlihatkan sedikit rasa dari Windows 8 Developer Preview 32 bit dengan bantuan VMWare Player 4.0 ( Tidak berhasil untuk versi sebelumnya ).

Berikut Screenshoot yang telah diliput 😀 :

Windows 8 Developer Preview - Nubie Review

Windows 8 Developer Preview - Nubie Review

Windows 8 Developer Preview - Nubie Review

Windows 8 Developer Preview - Nubie Review

Windows 8 Developer Preview - Nubie Review

Windows 8 Developer Preview - Nubie Review
Sepertinya Windows 8 ini akan jadi pernyempurnaan Windows 7 yang sebenernya lebih di optimize untuk perangkat touch screen. Menu-menu yang besar-besar di halaman utama menggantikan Start Menu yang biasanya kita klik di versi-versi Windows sebelumnya. Sudah dilengkapi aplikasi seperti Tweet@rama untuk para tweeps, Socialite untuk para facebooker juga moPod untuk langganan podcast memperlihatkan bahwa Microsoft tidak mau kalah bersaing untuk memanjakan mobile user dengan pesaing-pesaingnya sekarang, Google dengan android juga Apple dengan iOS, yang sudah terjun bebas di pasar tablet. Dari bentuk Start Screen yang menggulung horizontal juga terkesan emang Windows 8 dipersiapkan untuk “perang” di pasar tablet.

Di versi Developer Preview yang saia install, aplikasi default yang sudah terinstall antara lain :

  • Tweet@rama untuk Twitter clients
  • Socialite untuk Facebook clients
  • moPod untuk layanan Podcasts
  • Internet Explorer 10 Developer Preview
  • Picstream untuk Flickr clients
  • CheckM8 buat main catur 😀
  • dan kawan-kawan :hammer:

Cakep.. Tapi belum sempurna tentunya. Maklum, masi versi Developer Preview. Mengcopas pernyataan dari pak Irving Hutagalung, Audience Marketing Manager Microsoft Indonesia, di Tech Days Microsoft for IT Developer beberapa saat lalu, Windows 8 Developer Preview di rilis untuk developer-developer agar mengenal dan mulai mensupport juga menyiapkan aplikasi yang akan dipersiapkan untuk pergantian era ke Windows 8.

Sekian review singkat dari nubie, sekali lagi saia gak mengajak anda untuk ikut-ikutan menggunakanMicrosoft. Tentukanlah Sistem Operasi anda secara bijak, sesuai keperluan dan kepentingan anda. Yang murah belum tentu tidak bagus, yang mahal belum tentu yang terbaik. Sampai jumpa di artikel teknonesia saia yang berikutnya.

Semoga bermanfaat.

19 COMMENTS

  1. iya, ane sama dengan agan arie dah nyoba instal di pc sama di laptop device is not connected gitu munculnya..
    mohon bantuannya agan2 sekalian,
    thanx b4
    ane pake consumer preview nih

  2. Windows 8 saya udah coba tapi jauh dari sempurna maklum mungkin msh beta,msh bnyak bugs,dan untuk modem saya tes modem smart emang udah bisa conect tapi sayang cuma jalan di cdma dan evdo ga bisa liat di device manager evdonya msh di tanda seru dah di instal brapa x jga hslnya nihil tetep gth,bisa yah trik bilgate skarang aja di ksh beta padahl low dah sempurna satu keping aja mhal bgt,sya saranin c mending jgn instal win 8 buat coba coba soalnya kalau makai dualboot bsa kacau sistem utama kita sayah dah ngalami jadi crash data ilang,saya duetin win 7 ma win 8

  3. saya juga mngalami hal yg sama pada instalasi modem.. lalu pada windows activation nya bagaimana ? kohon bantuannya ya 😀

    oh ya, sekedar inpo nich, kalo mau minimize aplikasi bawaan win8, cukup tekan tombol yg gambar bendera windows di keyboard 🙂

    • Berarti emang ada masalah ya… :hammer:

      FYI, untuk modem Smart Connex yang warna putih saia berhasil menginstall di komputer builtup ACER serinya lupa.

      saya kemaren berhasil berinternet dengan modem tersebut.
      namanya jg belum sempurna ini mas… kita cari sama lah clue dan penyelesaiannya 😀

  4. pkei dual boot aq mas… satu pkei windows7 satu na lgi windows8 developer nich.. pas diinstall di 7 na jaln,, tp di 8 na ga jln mas.. udah diinstall tapi no device ja blng na mas… cari driver na di mana ya mas ??? mhn bntuan na ..

  5. mas gimana cara install modem speedup 3,5G GSM ???
    pas aku install di windows8 aq,, modem manager ke install tapi pas dibuka no device tulisan nya ???

    • Installnya langsung di komputer/laptop atau di virtual mas ?

      seharusnya sih kalau langsung gak ada masalah, soalnya saia udah coba modem smartfren connex oke-oke saja tu mas 🙂

      kalau di virtual mungkin settingan di software virtualisasinya 🙂

  6. Tambahan dari oprekan malam ini :
    – Dapat di install modem smart connex :D, Google Chrome, Mozilla Firefox, Adobe Reader, Microsoft Security Essentials, Ms. Office 2003, Daemon Tools Lite semua tanpa kendala yang berarti.

    Kesimpulan : sepertinya Engine masih mirip dengan Windows 7.

    – Masih terkendala bagaimana cara menutup aplikasi bawaan Win 8 yang sudah terbuka :D, Solusi sementara masih menggunakan cara barbar yaitu Aktifkan Task Manager lalu End Task!
    :hammer:

LEAVE A REPLY