Tips Jadi Ahli IT Yang Terampil

11
247

“Pengetahuan diperoleh dari Belajar, Kepercayaan dari Keraguan, Keterampilan dari Latihan, dan Cinta dari Mencintai” – Thomas Szasz”.

Kutipan kebijaksanaan diatas saya dapat dari membaca buku “MYELIN” karya Rhenald Kasali, walaupun telat dibaca berhubung saya dapatkan buku ini dari Istri minggu lalu yang di kantornya kedatangan Pak Rhenald. (Sebuah cara pemasaran buku yang bijak yang menjemput bola ke berbagai perusahaan)

Membaca quote yang bijak dari Szasz di atas, saya langsung teringat dengan pembentukan keahlian dari seseorang yang ingin berkecimpung di dunia IT. IT (Information Technology) menjadi tulang punggung baru bagi sebuah negara, bangsa dan perusahaan. Siapapun yang masuk ke dunia IT ini harus orang yang memiliki keahlian/keterampilan. Dan itu di dapat dengan seberapa banyak LATIHAN yang ia lakukan.

Saya bicara tentang kamu, para pembelajar/kuliah/kursus di dunia IT, kamu bukan sekedar belajar sebuah ilmu teori layaknya ilmu lain, mungkin juga kamu pikir IT bisa dihapal layaknya pelajaran sejarah.  Ini mengenai sebuah disiplin ilmu yang luas yang mewajibkan kamu BERLATIH.

Dalam tataran awal seperti mempelajari SOFTWARE dan HARDWARE, kamu sudah terlibat ke dalam LATIHAN DEMI LATIHAN. Buka casing, rakit komponen dan instalasi, dan ingat dengan semakin murahnya (terjangkau) harga hardware, saat ini orang juga lebih suka beli, jika rusak lalu ganti dengan beli lagi. Jika begitu jangan lupa berlatih berdagang agar kamu bisa dapat memanfaatkan situasi ini., Di tulisan lain saya akan bahas tentang berdagang di dunia IT. Demikian juga dengan SOFTWARE, kamu harus berlatih setiap harinya untuk bisa menguasainya.

Sekali lagi untuk jadi ahli IT kamu harus berlatih, berlatih yang benar dengan guru ataupun buku. Lakukan setiap hari latihan itu. Coba ambil waktu misalkan jam 19.00-21.00 Wib setiap hari kamu mempelajari 1 keahlian di IT, mudah-mudahan dalam 3 bulan kamu akan diperhitungkan keahlianmu di sekolah/kampus maupun kantor. Misal dalam 3 bulan terus menerus kamu pelajari PHP/MYSQL, mudah-mudahan selesai masa belajar, kamu sudah bisa bertempur dengan keahlianmu.

Ayo jangan lupa berlatih, KETERAMPILAN didapat dari LATIHAN. Cukup 2 jam sehari kuasai 1 keahlian IT (eo)

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY