Cara Mempercepat Proses Reload pada Router Cisco

6
214

Terkadang menunggu merupakan suatu hal yang membosankan, hali ini juga kita alami sewaktu kita melakukan “reload” pada router cisco kita. Proses reload ini sampai menunggu router cisco anda benar-benar siap untuk beroperasi bisa memakan waktu 3 sampai 4 menit. Apakah kita dapat mempercepat proses reload tersebut?

Sebagian orang menanggapi pertanyaan ini dengan nada negatif, karena hal tersebut kemungkinan besar tidak dapat dilakukan, namun anda tidak usah khawatir karena cisco ternyata memikirkan hal tersebut.

Pada IOS relase 12.3(2)T Cisco memperkenal fitur “warm reload”, yang menjadi jawaban dari pertanyaan diatas. Dengan menggunakan fitur ini, memungkinkan user untuk mereload router tanpa membaca images di storage, atau dengan kata lain saat Cisco IOS image melakukan reboot tanpa interfensi dari ROM monitor mode (ROMMON), dengan cara me-restore data read-write yang sebelumnya disimpan di RAM dan memulai eksekusi mengcopy image dari “flash” ke RAM atau yang disebut sebagai “self-decompression image”.

Dengan demikian proses reload akan lebih cepat karena waktu yang diperlukan untuk router anda akan berkurang secara signifikan. Namun pemakaian memory akan meningkat karena proses meng-copy inisialisasi dari variabel harus disimpan agar fitur “warm reload” dapat berfungsi, tetapi peningkatan penggunaan memory ini tidaklah terlampau besar karena varibale yang sudah terinisialisasi tadi disimpan dalam bentuk terkompresi dan dalam bentuk “read-only” untuk mencegah terjadinya korup pada file tersebut.

Bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur ini pada router Cisco anda? ketik perintah “warm-reboot”, kemudian simpan dan setelah itu reload router anda agar fitur ini berfungsi. Untuk lebih jelasnya lihat command dibawah ini :

TEKNONESIA#configure terminal
TEKNONESIA(config)#warm-reboot
Warm reboot will be possible after the next power cycle or reload.
TEKNONESIA(config)#exit
TEKNONESIA#write memory
Building configuration... 
[OK] 
TEKNONESIA#reload
Proceed with reload? [confirm]
%SYS-5-RELOAD: Reload requested by console. Reload Reason: Reload Command.
System Bootstrap, Version 12.3(3r)T2, RELEASE SOFTWARE (fc1)
Copyright (c) 2000 by cisco Systems, Inc.
cisco 2811 (MPC860) processor (revision 0x200) with 60416K/5120K bytes of memory
Self decompressing the image :
########################################################################## [OK]

Setelah itu, Anda dapat melihat berapa banyak byte memory yang digunakan oleh fitur “warm-reload” ini dan apakah fitur tersebut sudah aktif:

TEKNONESIA#show warm-reboot
Warm Reboot is enabled
Maximum warm reboot count is 5
Uptime after which warm reboot is safe in case of a crash is 5 (min)
Statistics:
0 warm reboots due to crashes and 0 warm reboots due to requests have taken
place since the last cold reboot
5122 KB taken up by warm reboot storage
TEKNONESIA#
Demikianlah sekilas penjelasan mengenai fitur warm-reload yang berfungsi untuk mempercepat proses reload pada router anda. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan mengenai fitu warm-reload ini silahkan menghubungi Teknonesia.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY