Pentingnya Social Network Pada Perusahaaan

0
1110

Perkembangan dunia informasi dan teknologi sangat cepat pada dasawarsa terakhir sejak di mulainya era milenium. Perkembangan itu salah satunya ditandai dengan keberasaan internet yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang di hadirkan internet sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia, mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, dsb. Selain keuntungan tersebut, keistimewaan lain internet adalah kemudahan akses atau pengoperasiannya yang dapat dilakukan siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan jika internet telah menjadi konsumsi publik sebagian besar masyarakat indonesia.

Keberadaan internet telah menghadirkan nuansa tersendiri ditengah masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian integral masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat kini, bukan hanya sebagai rujukan informasi, tetapi juga gaya hidup dan kebudayaan.

Salah satu layanan dari internet adalah layanan social network. Layanan social network menyediakan jaringan pertemanan yang di fungsikan sebagai media komunikasi dunia maya yang menghubungkan jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan layanan tersebut sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak waktu dan tempat. Kehadiran layanan ini di tengah masyarakat  menjadi sebuah fenomena dan menandai babak baru kehidupan modern.

Begitu juga dengan informasi dari perusahaan kepada masyarakat merupakan inovasi yang berupa produk baru yang akan beredar dipasar. Dengan penemuan inovasi dalam teknologi komunikasi semakin mempermudah dalam berkomunikasi. Sejak diciptakan social network yang berbasis web, para penemu meningkatan fasilitas dan layanannya terus-menerus, sehingga perkembangan social network semakin pesat dan membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dalam social network. Fakta ini membuat perusahaan melihat peluang untuk mencoba menggunakannya dan mencari kemudahan apa yang bisa didapatkan. Faktanya terdapat pengaruh yang cukup mendukung perusahaan dalam melakukan aktivitasnya. Selain itu terdapat juga alasan yang mendukung penerapan social network di perusahaan. Walaupun ada dampak yang terjadi, perusahaan tetap mampu beradaptasi dan menjadi perusahaan yang maju. Ada dampak yang menghambat perkembangan perusahaan dan lebih lagi banyak dampak yang justru mendukung perkembangan perusahaan. Kendala-kendala yang dapat diatasi suatu perusahaan justru membuat perusahaan beradaptasi dengan cepat dalam setiap perkembangan yang ada.

Interaksi dalam dunia internet ini dimulai dari diciptakannya web chat, web diary, weblog, and social networking service. Penemuan jaringan sosial di dunia internet merupakan suatu tren baru. Perkembangan social network service menjadi tren yang mendunia sejak tahun 2005. Setiap situs social network bersaing untuk mengembangkan fasilitas yang ada. Social network service berfokus pada membangun, menemukan komunitas, berbagi suatu kesukaan atau hobi, mengajak orang berpartisipasi dalam suatu kegiatan, dan aktivitas menarik lainnya.

Perkembangan social network service ternyata mempengaruhi aktivitas suatu perusahaan. Perusahaan besar di masa depan ialah perusahaan yang mampu mengambil keuntungan dari perkembangan teknologi salah satunya melalui social network. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memutuskan apakah perusahaan akan memanfaatkan social network service atau melewatkan kesempatan yang ada.

Berbagai uraian diatas melatarbelakangi telah mengkaji bagaimana social network service mempengaruhi suatu perusahaan, bagaimana dampak social network terhadap aktivitas suatu perusahaan.

Berikut ini adalah hasil survey menurut Hendratno tentang pengguna social network sevice

Referensi:

LEAVE A REPLY