free website stats program
10:29 pm - Wednesday October 22, 2014

Mikrotik Sebagai Manajemen Bandwidth

Mungkin banyak orang yang sudah mengenal Mikrotik namun banyak juga yang belum mengenalnya. Dikutip dari situs Mikrotik (www.mikrotik.com) bahwa “MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. ”

Mikrotik dibangun dengan menggunakan kernel Linux, maka dari itu jika sudah mahir menggunakan Linux, maka tidak akan merasa sulit dalam menggunakan Mikrotik. Mikrotik sendiri memiliki 2 bentuk yang bisa digunakan. Bentuk yang pertama adalah Router Board (Hardware) yang disediakan dengan berbagai jenis, bentuk, dan fasilitas yang terdapat didalamnya, serta harga yang juga bervariasi. Sedangkan bentuk yang kedua adalah Sistem Operasi (Software) seperti halnya Windows, Linux, dan lain-lain. Namun bedanya, hard disk komputer yang diinstalkan Mikrotik akan digunakan secara keseluruhan, jadi tidak ada yang namanya partisi. Untuk jenis sistem operasi disediakan dengan level-level, mulai level 1 sampai dengan level 6 (http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=10).

Pada kalangan awam, Mikrotik sering dikenal sebagai perangkat yang digunakan untuk manajemen bandwidth, dan memang menurut pendapat saya Mikrotik sangat bagus digunakan sebagai manajemen bandwidth, karena selain handal dalam melakukan tugasnya, Mikrotik juga tergolong mudah digunakan, karena bisa dikonfigurasi dengan mode GUI, baik itu menggunakan software Winbox maupun konfigurasi melalui Web. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan Mikrotik, selain manajemen bandwidth, Mikrotik juga bisa digunakan sebagai Router, Gateway, Firewall, DHCP Server, Proxy Server, Load Balancing, Bounding, VPN, dan banyak lagi.

Sebagai organisasi yang bergerak dibidang Teknologi Informasi, Teknonesia juga bisa melakukan instalasi dan konfigurasi Mikrotik diberbagai instansi, baik sekolah, warung internet, perusahaan, kampus, dan lain-lain. Tekonesia siap menghadapi segala medan, dan siap melakukan apa yang diinginkan oleh klien guna memberikan kepuasan kepada klien. Untuk itu, kepada siapa saja yang membutuhkan jasa instalasi Mikrotik, Teknonesia siap membantu dengan harga yang bersaing.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi pada saat beberapa anggota Teknonesia melakukan simulasi instalasi Antena Outdoor Mikrotik:

Filed in: Mikrotik

One Response to “Mikrotik Sebagai Manajemen Bandwidth”

  1. 27/05/2011 at 17:21 #

    keren ya :D
    Uda siap terima project neh :)

Leave a Reply