Manajemen IT di Sekolah

5
68

Haaah… jumpa lagi… apa kabar semua ?? Alhamdulillah, disela kesibukan penulis (dibaca: saia) yang sedang beradaptasi di lingkungan kerjanya yang baru di Singapore Indonesia School Medan, saia ingin mengeluarkan sedikit uneg-uneg nih… 😀 Tentang Manajemen IT di sekolah. Bagaimana di sekolah saia ? Bagaimana di sekolah anda ? Yang mau bagi-bagi pengalaman juga boleh share di komentar halaman ini.

Berikut definisi IT atau Teknologi Informasi :

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Sumber : id.wikipedia

Perkembangan teknologi informasi banyak menguntungkan banyak kalangan. Dari bisnis sampai akademis, semua menikmati updatenya teknologi. Tidak lagi sebagai kebutuhan mewah, tapi teknologi informasi sekarang menjadi tren bahkan sebagai kebutuhan utama untuk setiap orang. Setiap bulan mungkin ada teknologi baru yang tercipta, gak mungkin donk kita kejar-kejaran update-nya… bisa bankrupt kita ntar… hahahaha… 😀

Di sebuah sekolah, umumnya pemakaian teknologi informasi masi seputar komputer, printer, LAN dan internet saja. Tak ada yang sulit memang, akan tetapi rapi itu perlu. Bagaimana kita dapat memaintain sebuah lingkungan bersekolah dan bertukar informasi dengan aman dan nyaman. Alangkah enaknya, di sebuah tempat umum, kita bisa bertukar informasi ( ngenet :hammer: ) dengan asik tanpa mengganggu orang di sekitar kita.

Keperluan teknologi sekolah, tentunya jauh berbeda dengan keperluan-keperluan perkantoran, meskipun salah satu isi sekolah itu adalah kantor :D. Bagaimana para guru dengan nyaman mempresentasikan sebuah pelajaran ke murid-muridnya. Bagaimana para murid-muridnya juga nyaman dan terpancing minatnya untuk belajar. Semua perlu dirumuskan !!!

Semua masalah pasti ada solusinya, masalah kenyamanan ini pasti ada solusinya donk. Penulis kebetulan baru diterima bekerja di sebuah sekolah swasta di Kota Medan sebagai IT Staff. Jadi baru menemukan masalah, blum ada solusinya.. :hammer: semua pertanyaan pasti ada jawabannya.. hehehe….

semoga bermanfaat… 😀

SHARE
Previous articleWarriors of The Net
Next articleInstall Slackware Yok!!!!
Saia adalah seorang sarjana Matematika yang ingin menggeluti dunia IT. Bersama teman-teman yang lain membangun Teknonesia.com ini untuk bersama-sama membentuk sebuah komunitas yang cinta belajar dan berbagi ilmunya kepada siapapun. Untuk sementara ini masih mencari passion untuk di geluti lebih fokus dan fokus :)

5 COMMENTS

  1. Masi berupa masalah artikel ini, lebih tepatnya memmbuka masalhah yang orang awam tidak menganggapnya sebagai masalah. Sangat “manajemen” sekali masalahnya. Saya tunggu solusinya bang….!

    *ud puny komuniyas baru ne..

LEAVE A REPLY